Senin, 25 Mei 2009

Samosir Ukir Tiga Rekor Catur

Sumber: BeritaSore.com – 9 Juli 2007 | 13:57 WIB
SAMOSIR (Berita): Kabupaten Samosir Sumatera Utara (Sumut), kini tak lagi hanya terkenal dengan keindahan panorama alam dan perairan Danau Toba-nya, tapi juga menjadi tempat bersejarah bagi insan catur di tanah air, karena di daerah tersebut dipecahkan tiga rekor catur sekaligus yang tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
Tiga rekor tersebut pecah dalam dalam hajatan bertajuk Festival Catur Samosir (FCS) 2007, yang merupakan bagian dari pelaksanaan Pesta Bolon 2007, akhir pekan kemarin di halaman Kantor Bupati Samosir di Pangururan.
Pada pelaksanaan yang digelar kerjasama Panpel Pesta Bolon dengan PB Percasi, PT PLN Persero, didukung Pemprop Sumut, Pemkab Samosir dan Pengprop Percasi Sumut, tercatat tiga rekor yang selama ini belum pernah terjadi di tanah air.
Ketiga rekor tersebut, kata Direktur MURI Paulus Pangka, yakni catur simultan dengan pesimultan bergelar internasional terbanyak (10 pecatur GM Utut Adianto, GM Edhi Handoko, GM Susanto Megaranto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, MI Salor Sitanggang, MI Ivan Situru, MI Taufik Halay, MF Sebastian Simanjuntak dan MIW Irenen Kharisma).
Selain itu juga pecah rekor, catur simultan dengan pesimultan pecatur wanita bergelar Master Nasional terbanyak (MIW Lisa Lumondong, MNW Tuty Rahayu Sinuhaji, MNW Wita Rahayu, MNW Stefani Dian Chery dan MNW Chelsea Monica Sihite). Rekor terakhir yakni, catur simultan dengan jumlah peserta terbanyak (300 orang) dan jumlah pesimultan terbanyak (15 orang).
Piagam Rekor MURI selanjutnya diserahkan masing-masing kepada Dirut PT PLN Persero diwakili Sungguh Anwar Aritonang (Direktur Niaga dan Pelayanan PLN Persero Kantor Pusat), Ketua Umum PB Percasi diwakili Sekjen PB Percasi Heri Jaya Pahlawan dan Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon.
Sungguh Anwar dalam kesempatan tersebut menyatakan gembira, pihaknya turut berperan dalam penciptaan rekor baru catur nasional ini. Khusus kepada warga Samosir, ia berharap, even ini kian memotifasi masyarakat di sana sehingga Samosir melahirkan pecatur andal di masa mendatang.
Hal senada dikemukakan Ketua Umum PB Percasi Edi Widiono Suwondo dalam sambutan tertulis dibacakan Sekjen Hery Jaya Pahlawan. Propinsi Sumut, khususnya Kabupaten Samosir, tercatat sebagai salah satu basis catur nasional. Karenanya, ia mengharapkan dari kabupaten tersebut nantinya lahir pengganti MI Salor Sitanggang yang merupakan pecatur andal asal daerah Batak.
Maestro catur nasional GM Utut Adianto pada acara yang turut dihadiri Ketua Punguan Simbolon Dohot Boruna Effendi Muara Sakti Simbolon, Ketua Panpel Pesta Bolon Raden Simbolon, GM PLN Kitsu (Pembangkitan Sumut) Albert Pangaribuan mewakili GM PLN Wilayah Sumut Ir Supriyanto, Ketua Panpel FCS 2007 J Ompusungu yang juga Manejer SDM PLN Kitsu, Humas PLN Kitsu Marodjahan Batubara, M Jamil, Ketua Bidang Pembinaan Percasi Sumut Perry Iskandar dan undangan lainnya, juga mengakui, Sumut termasuk Samosir memiliki pecatur andal. Hanya saja mereka umumnya masih mengandalkan bakat alam, hal ini sudah tidak masanya lagi. (irm)
Artikel dalam kategori : Sport

Tidak ada komentar: