Senin, 25 Mei 2009

Pesta Simbolon di Pangururan Disemarakkan Atraksi 7 Pesawat Tempur TNI

Sumber: hariansib.com – 29 Juni 2007
Posted in Marsipature Hutanabe by Redaksi on Juni 29th, 2007
Medan (SIB)
Pesta Bolon (Pabolon) Simbolon, Boru & Bere se-Dunia akan berlangsung selama seminggudi Kecamatan Pangururan Samosir dimulai Minggu (1/7) dan berakhir Sabtu (7/7/2007). Bekerjasama dengan Internasional Event Organized, diperkirakan biaya pesta yang dibutuhkan, secara kumulatif, mencapai puluhan miliar rupiah.
Demikian dikemukakan Ketua Umum Simbolon Efendi Simbolon SE (anggota DPR RI) di Bandara Polonia, Selasa (26/6) sesaat sebelum bertolak dengan helikopter ke Muara dan selanjutnya ke Pangururan Samosir untuk mematangkan persiapan pesta.
Pesta yang diperkirakan dihadiri lebih dari seratus ribu keturunan Raja Bolon Simbolon itu, kata Efendi, sangat mendapat respon positip dari putra-putri terbaik marga Simbolon saat ini seperti Marihad Simbolon (Parna Raya), Letjen TNI Cornel Simbolon, Mayjen TNI Mahidin Simbolon, Mayjen TNI Romulo Simbolon, Brigjen (Purn) TNI Edward Simbolon dll.
Sesuai koordinasi terakhir dengan KSAU dan Panglima, lanjutnya, Pabolon akan disemarakkan atraksi 7 pesawat tempur milik TNI AU di wilayah udara Samosir. Bahkan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu seperti Menaker, Menkokesra, Menteri Pariwisata, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Menhub telah menyatakan kesiapannya untuk hadir di pesta dimaksud.
Pabolon meliputi kegiatan-kegiatan ibadah raya, festival koor, pesta adat Batak, pesta kembang api, peduli Bonapasogit, mangalahat horbo, parsantian, tortor, seminar, pameran, hiburan dan kejuaraan/perlombaan olahraga. Hiburan misalnya, akan menampilkan musical show, jazz, R&B, dangdut dan gondang simphony.
Sedangkan di bidang olahraga, Ketua Umum KTI Capt Anton Sihombing (istrinya br Simbolon) akan menggelar 2 (dua) kejuaraan tinju nasional, perbaikan peringkat dan partai tinju wanita. Selain itu juga ada “Samosir International Open Water Championship”, Samosir 10 K, catur, power boating, solu bolon dan “Samosir Fly in Aerosport”.
“Seluruh perlombaan olahraga didukung oleh seluruh induk organisasinya seperti PRSI, Percasi, KTI dan lain-lain”, ujar Efendi seraya menyebut Pabolon juga merupakan Visit Samosir 2007 yang diharapkan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, bertujuan mengembangkan sektor pariwisata daerah itu, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Samosir.
Informasi lain diperoleh SIB, penyelenggaraan Pesta Pabolon selama tujuh hari yang berakhir 7/7-2007 ada kaitannya dengan Raja Bolon Simbolon yang memiliki 7 anak, yakni Simbolon Tuan, Altong na begu, Juara Bulan, Pande Sahata, Suhutnihuta, Sirimbang dan Hapotan.
(R8/q)

Tidak ada komentar: