Senin, 25 Mei 2009

Pesta Bolon Simbolon 1-7 Juli 2007

Sumber: Samosir 1, Thursday, April 12, 2007

Latar Belakang
Kecenderungan masyarakat Batak untuk merantau sudah terjadi sejak dahulu jauh sebelum kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini banyak dipengaruhi oleh dinamika kultural yang berkeinginan kuat untuk memperbaiki kehidupan, mengingat kondisi dan keterbatasan lahan yang kurang mendukung.

Tidak terkecuali marga Simbolon, yang asal usulnya dari Pulo Samosir saat ini sudah mencapai generasi ke-23 sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan banyak yang merantau sampai ke manca negara. Sehingga banyak Kakek Nenek, Orang tua dan putra/i Simbolon sekarang ini tidak lagi kelahiran Bona Pasogit.

Mayoritas dari marga Simbolon perantau tersebut sudah lama atau bahkan belum pernah pulang kampung meskipun kerinduan dan hasrat membara untuk bisa berjiarah ke kampung halamannya. Di samping itu masih ada marga Simbolon yang tidak mengerti bahwa asal usul sebenarnya adalah dari Pangururan Samosir.

Demikian juga kalau kita melihat pembangunan di Pulau Samosir terasa sangat lambat dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia padahal potensi Pulau Samosir banyak yang bisa dikembangkan antara lain pada sektor pariwisata, sesuai dengan visi Kabupaten Samosir untuk menjadi Kabupaten Pariwisata.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, komunitas Samosir yang berada di perantauan dituntut untuk berperanserta mendukung program pemerintah kabupaten (pemkab) Samosir dengan cara mensinerjikan dan mengembangkan net working sesuai dengan potensi yang ada untuk membantu mempercepat pembangunan Samosir.


II MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memenuhi keinginan tersebut diatas, maka Pengurus Pusat Punguan Simbolon dohot Boru se Indonesia bermaksud menyelenggarakan suatu Pesta Bolon Simbolon Boru & Bere se-Dunia 2007 di Pulau Samosir dengan thema VISIT SAMOSIR 2007.

Sedangkan tujuannya adalah:
1. Pengucapan syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karuniaNya yang telah diterima oleh seluruh keluarga Besar Simbolon.
2. Lebih mempererat hubungan kekerabatan antar keluarga Besar Simbolon.
3. Memenuhi kerinduan para perantau, khususnya generasi muda terhadap kampung halamannya (bona pasogit).
4. Mengumpulkan dan mensinerjikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Keluarga Besar Simbolon di perantauan dalam rangka pembangunan dan pengembangan Kabupaten Samosir dan Propinsi Sumatera Utara.
5. Melaksanakan gerakan nyata peduli pembangunan Bona Pasogit disegala sektor.
6. Membantu mempromosikan potensi wisata Samosir kepada masyarakat dunia.
7. Memilih Pengurus Pusat Punguan Pomparan Simbolon dohot Boruna seluruh Indonesia periode 2007 – 2012.


III Ruang Lingkup Kegiatan

Sesuai dengan maksud dan tujuan diadakannya Pesta Bolon ini maka disiapkan beberapa kegiatan-kegiatan yaitu:

1. Memfasilitasi kehadiran seluruh Keluarga Besar Simbolon di seluruh Indonesia dan Mancanegara ke Bona Pasogit.

Kita menyadari bahwa sarana dan prasarana di Pulau Samosir saat ini masih minim. Pada acara pesta bolon ini diharapkan hadir 100.000 orang keluarga Besar Simbolon dan kemungkinan besar juga dihadiri oleh pengunjung lainnya, sehingga dukungan sarana transportasi dan akomodasi yang memadai sangat dibutuhkan.

Daya tampung sarana akomodasi Hotel dan penginapan lainnya serta Restauran yang ada di Pulo Samosir hanya mampu menampung sekitar 2.800 orang sehingga perlu di persiapkan sarana akomodasi lain dengan:

a. Membangun Perkemahan/penginapan berupa tenda-tenda di suatu lokasi yang telah
disediakan oleh kerabat keluarga Simbolon.

b. Memanfaatkan Rumah Penduduk
Saat ini Panitia Pesta telah dan masih terus mendata rumah-rumah penduduk di Samosir yang diperkirakan dapat menampung saudara-saudaranya dari perantauan selama pesta berlangsung.

c. Memanfaatkan Gedung Sekolah
Karena pesta ini direncanakan dilaksanakan pada saat liburan sekolah, maka bila masih diperlukan, panitia akan memanfaatkan gedung-gedung sekolah.

d. Mendirikan Dapur Umum
Untuk memenuhi kekurangan sarana konsumsi, panitia akan mendirikan dapur umum yang tersebar di beberapa lokasi.

e. Menyiapkan sarana transportasi lokal darat dan danau


2. Menyelenggarakan Pesta Adat Batak

Pesta Adat sebagai acara ritual nenek moyang orang Batak merupakan hal yang wajib dilakukan. Panitia akan menyediakan seluruh kebutuhan pesta dan juga menghadirkan tokoh adat marga Simbolon, maupun Bius yang ada di bona pasogit.


3. Menyelenggarakan Ibadah Raya Oikumene

Sebagai bangsa yang beragama, maka sudah sepantasnya diadakan suatu Doa pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karuniaNya kepada seluruh keluarga besar Simbolon.


4. Menyelenggarakan Pesta Seni, Budaya, dan Olah Raga

Untuk menghibur dan mengisi acara selama di Samosir, Panitia akan menyelenggarakan Pesta Seni, Budaya dan Olah Raga yang diikuti oleh masyarakat umum, atlet profesionaldan Keluarga Besar Simbolon.


5. Menyelenggarakan Pemilihan Pengurus Pusat Periode 2007 – 2012

Melaksanakan pemilihan Pengurus Pusat Punguan Simbolon-Boru dohot Berena Se-Indonesia Peridoe 2007 - 20012 sebagaimana diamanatkan dalam Sarasehan di Medan pada bulan Agustus 2006.



IV PENYELENGGARA
Pengelenggara Pesta telah dibentuk Panitia Pelaksana tingkat Pusat dan Lokal.


V PESERTA
Peserta Pesta Bolon yang diharapkan hadir selama 7 (tujuh) hari bisa mencapai sekitar 100.000 orang berasal dari:
1. Warga Kabupaten Samosir dan Propinsi Sumatera Utara
2. Keluarga Besar Simbolon dan Boru yang merantau di seluruh Indonesia dan Mancanegara
3. Undangan
4. Wisatawan asing dan domestik

VI WAKTU PENYELENGGARAAN
Pesta ini direncanakan penyelenggaraannya pada saat liburan sekolah agar dapat dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar Simbolon.
Ø PELAKSANAAN PESTA : 1 Juli 2007 – 7 Juli 2007
Ø SOSIALISASI & PROMOSI : 1 Nop. 2006 – 14 Juli 2007
1. Bentuk Kegiatan Sosialisasi
• Mengadakan road show ke daerah secara berkala
• Menyelenggarakan Seminar dan Workshop
• Membuat web site http://www. simbolon-visitsamosir.org

2. Bentuk Kegiatan Publikasi dan Promosi
• Konfrensi Pers per 3 bulan
• Menyebarkan pamflet dan brosur.
• Pemasangan banner, spanduk dan bilboard
• Publikasi melalui media cetak dan elektronik.
• Membagikan kaos, topi, pin dan souvenir lainnya.
• Membagikan Kalender dan Buku Agenda 2007.

VII RENCANA KEGIATAN
Sesuai dengan maksud dan tujuan penyelenggaraan pesta ini, maka secara garis besar pesta ini dapat dibagi dua kegiatan utama yaitu:
1. Pesta Adat dan Ibadah yaitu untuk melepas rindu seluruh keluarga besar Simbolon
2. Pesta Seni, Budaya dan Olah Raga, yaitu untuk menghibur seluruh Keluarga Simbolon yang pada saat itu ada di Samosir, Masyarakat Samosir dan sekitarnya dan wisatawan yang ada pada saat itu serta memperkenalkan potensi pariwisata Samosir.

VIII LOKASI PESTA
Kegiatan Pesta Bolon ini akan di pusatkan di Parbaba – Pangururan - Samosir
Posted by Samosir Nauli at 6:44 AM

Tidak ada komentar: