Senin, 25 Mei 2009

Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon Berusaha Majukan Pabolon Jabodetabek

Ketua Umum terpilih Punguan Pomparan Raja Ompu Bolon Simbolon (Pabolon) dohot Boruna Jabodetabek 2009-2012, Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon/br Sagala, mengaku sudah mempunyai program khusus untuk memajukan perkumpulan marga Simbolon.
“Sebelum saya pensiun sudah ada permintaan untuk terlibat di partai dan tugas-tugas lain. Tapi, karena saya tidak tertarik dengan partai atau tidak mau terlibat berpolitik, semuanya saya tolak. Mungkin melalui punguan (perkumpulan) inilah diberikan Tuhan yang tepat bagi saya untuk berbuat.
Sebab, saya sudah bertekad bahwa sisa waktu yang ada ini ingin mencurahkan pikiran dan perhatian ke bidang sosial. Kemungkinan besar saya masih bisa berbuat sesuatu untuk kepentingan masyarakat banyak,”ungkapnya kepada Batak Pos usai pelantikan dirinya sebagai Ketua Umum Pabolon, di Gedung Mulia, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Minggu (19/4).

Menurut Jenderal berusia 57 tahun ini, melalui Pabolon berusaha untuk memberikan sesuatu yang berarti kepada punguan. Contohnya, peningkatan pemahaman-pemahaman tentang sesuatu, membuka wawasan dari marga Simbolon tentang sesuatu.
“Kalau dilihat secara umum, sumber daya manusia marga Simbolon masih banyak yang kurang. Jadi, kita coba memberikan peningkatan pemahaman terhadap sesuatu, supaya pikiran lebih terbuka,”ujarnya.
Apakah salah satu programnya memerhatikan anggota yang tidak mampu atau perekonomiannya yang pas-pasan, sehingga sulit untuk menyekolahkan anaknya, Cornel Sombolon secara terbuka mengaku bahwa mengenai hal itu sudah lama dia pikirkan.

“Inilah salah satu cita-cita saya sejak dulu, bagaimana untuk mengatasinya. Saya bisa merasakan bagaimana keterbelakangan itu. Dengan keterbelakangan pengetahuan dan juga keterbatasan ekonomi, banyak di antara kita tidak mampu melanjutkannya hanya karena keterbatasan ekonomi. Oleh karena itu, saya minta kepada semua pengurus Pabolon 2009-2012 harus rela berkorban dalam menjalankan tugasnya,”tegasnya.
Pesta Pabolon Meriah
Pesta Syukuran Bonataon Punguan Pomparan Raja Ompu Bolon Simbolon (Pabolon) se-Jabodetabek 2009, benar-benar meriah. Pengunjung membludak, melebihi kapasitas gedung, panitia sempat kewalahan, namun akhirnya teratasi atas kesadara semua pihak.
Acara diawali dengan kebaktian pagi hari dipimpin Pastor Paulinus M Simboloon, OFM Cap dan Pdt Eldarton Simbolon STh. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara, Ketua Umum Periode 2006-2009 sekaligus penyerahan memori pertanggungjawaban kepada Dewan Sohe.
Dan makan siang bersama serta pelantikan pengurus baru Pabolon Jabodetabek 2009-2012 yang dilakukan oleh Dewan Sohe. Pelantikan diiringi dengan manortor bersama, sehingga tidak terlihat kaku.
Kehadiran 30 artis Batak keturunan marga Simbolon, yakni Simbolon Sister, Simbolon Kids membuat suasana bertambah meriah. Para artis tersebut mengawali penampilan dengan koor bersama. Dan hampir semua lagu-lagu yang dibawakan para penyanyi sangat melekat dihati pengunjung. Sehingga ribuan undangan dengan spontan turut bernyanyi bersama.

Suasana semakin meriah dan penuh keakraban, ketika ratusan anak-anak dan remaja diberikan kesempatan untuk manortor bersama. Sementara para orangtua memberi saweran kepada mereka.
Dalam acara tersebut, selain melantik pengurus baru Pabolon, juga melantik pengurus Naposobulung Simbolon ((Nabolon). Kemudian memberikan penghargaan kepada Natuatua (orangtua) berusia 75 tahun ke atas, lelang parcel dan lelang gambar pajangan serta penarikan door prize.
Pengurus Pabolon Jabodetabek 2009-2012, adalah Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon/br Sagala (Ketua Umum), Kolonel DR Bisler Simbolon/br Nainggolan (Ketua Harian), Maruli Simbolon/br Situmorang (Ketua Bidang Adat), Letkol Luhut Simbolon, SH, MT/br Manurung (Ketua Bidang Organisasi).
Kemudian Drs Manaor Simbolon/br Nainggolan (Ketua Bidang Seni dan Budaya), Kapten Marinir Tony Simbolon/br Gurning (Ketua Bidang Pemuda), dan Drs Sotar Baduara Simbolon/br Sinaga (Sekretaris Umum), serta Drs Anggiat Groy Simbolon/br Simanjuntak (Bendahara Umum). Ditambah pengurus lainnya, termasuk 13 pengurus wilayah.

Sedangkan pengurus Nabolon Jabodetabek 2009-2012, sebagai ketua adalah Ordani ST Simbolon, SE didampingi sejumlah pengurus lainnya sesuai bidang masing-masing. Ikl

Catatan:
Tunggu realisasi tulisan ini setelah setahun, apakah memang benar-benar ada atau hanya retorika belaka.

Tidak ada komentar: