Senin, 25 Mei 2009

Pesta Bolon di Samosir Dibuka

Sumber: Kompas – 2 Juli 2007
Laporan Wartawan Kompas Aufrida Wismi Warastri
SAMOSIR, KOMPAS - Ribuan orang warga Samosir menghadiri Pesta Bolon, pesta marga Simbolon, Sumatera Utara yang diselenggarakan di Desa Parbaba, Kecamatan Panguruan, Samosir, Minggu (1/7). Pesta tradisi yang memersatukan marga Simbolon di seluruh Indonesia itu selain ajang silaturahmi juga menjadi kesempatan mempromosikan wisata kabupaten Samosir.
Pesta diselenggarakan di lereng bukit di Desa Perbaba dengan panorama keindahan Danau Toba. Hadir antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yugiastoro, Gubernur Sumut Rudolf Pardede, Direktur PLN Edy Widyono, Fungsionaris PDIP Panda Nababan, Kapolda Sumut Nuruddin Usman, dan ketua panitia Effendi MS Simbolon yang juga anggota Komisi VII DPR RI.
Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan menyambut baik acara ini yang mendukung visi pemerintah Kabupaten Samosir 2010 yakni menjadi kabupaten destinasi wisata di Indonesia.
J Simbolon warga Hutaginjang,Kecamatan Palipi, mengatakan meskipun terkesan seremoni dia memahami semangat acara ini. "Untuk memajukan pariwisata, namun rasanya masih sesaat. Belum terlihat langkah kongkrit jangka panjang untuk memajukan ekonomi masyarakat setempat," kata Simbolon.
Pesta Bolon diselenggarakan hingga Sabtu (7/7) mendatang, diisi berbagai acara dari kesenian, pameran, hingga lomba olahraga. Marga Simbolon adalah marga yang berasal dari Pulau Samosir di Sumatera Utara. Marga suku Batak ini sudah berkembang 23 generasi dengan jumlah wargar sekitar 70.000 kk.

Tidak ada komentar: